Aug 21, 2010

Mengenal Alat Berat Dalam Proyek


Dalam pembangunan sebuah gedung, tentu memerlukan peralatan Alat berat untuk membantu mempermudah pengerjaannya. Bayangkan kalau tidak ada Alat Berat? Sampai kapan gedung-gedung yang megah bisa berdiri sekarang di Indonesia maupun diluar negeri. Semua itu dilakukan karena bantuan Alat Berat.



Beberapa Alat Berat yang mungkin pernah Anda temui di tempat-tempat pembangunan

1. Dozer
dozer

Dozer ini digunakan untuk pengolaha lahan. Jadi lahan yang akan dijadikan sebuah gedung, akan diratakan dengan Alat Berat ini. Biasanya dipersiapkan sebelum lahan tersebut mulai diolah.

 

 



2. Excavator

excavator_lg

Excavator digunakan untuk menggali. Excavator ini bisa juga disebut dengan Backhoe. Biasanya kalau di dalam proyek alat ini digunakan untuk menggali tanah, mengeruk tanah ataupun mengeruk batu.

 

 

 


3. Crane

towercranes

Crane dibedakan menjadi dua, tower crane , Truck Crane dan crawler crane. Kalau seperti gambar disamping disebut dengan tower crane truck crane dan crawler crane seperti gambar dibawah ini

truck_crane Crawler-Crane

 

 

 

 

 

Tower Crane dan Crawler Crane sama-sama digunakan untuk mengangkat bahan bangunan dengan jarak yang relative kecil dan arah horisontal. Biasa Alat ini diadakan dalam pembangunan skala besar(>2 lantai). Hanya bedanya, tower crane dibuat kokoh dan tidak bisa dipindah sedangkan Crawler bisa dipindah sesuai ketinggian gedung.


4. Compactor
compactorCompactor digunakan untuk memadatkan tanah. Kalau dijalan raya, alat ini digunakan untuk memadatkan batu dan aspal. Alat sejenis antara lain tandem roller, tamping roller, pneumatic-tired roll.

 

 

 


5. Truck

truck

Truck digunakan untuk mengangkat bahan bangunan kedalam area proyek dengan jarak yang relative jauh.

1 Comments:

Pujianto on December 17, 2013 at 12:38 PM said...

Ijin menawarkan alat-alat berat second/bekas/rekondisi siap dijual merek Caterpillar. Bagi yang beminat dapat mengunjungi alamat website http://hescotrade.com/daftar-trading-used-caterpillar.

Post a Comment

Your comments are very helpful this blog in the future. but do not spread the SPAM on this blog!

Followers

 

Mata Kuliah Teknik. Copyright 2010 All Rights Reserved.Template by Bloganol.com Detiablog