Apr 25, 2010

Klasifikasi Jalan


Jalan adalah saranan transportasi yang sangat dibutuhkan manusia untuk menuju suatu wilayah yang terpisahkan oleh jarak. Pada dasarnya jalan dapat diklasifikasikan menurut:
1. Fungsi Jalan
    Klasifikasi menurut fungsi jalan terbagi atas:


  • Jalan Arteri






  • Jalan Arteri adalah jalan yang melayani angkutan utama dengan ciri-ciri perjalanan jarak jauh, kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara efisien.


  • Jalan Kolektor






  • Jalan Kolektor adalah jalan yang melayani angkutan pngumpul/pembagi dengan ciri-ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang dan jumlah jalan masuk dibatasi.


  • Jalan Lokal






  • Jalan Lokal adalah jalan yang melayani angkutan setempat dengan ciri-ciri oerjalanan jarak dekat,kecepatan rata-rata rendah, dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi.

    2. Kelas Jalan
    Klasifikasi menurut kelas jalan erkaitan dengan kemampuan jalan untuk menerima beban lalu lintas dinyatakan dalam muatan sumbu terberat (MST) dalam satuan ton.
    Klasifikasi menurut kelas jalan dan ketentuannya serta kaitannya dengan klasifikasi menurut fungsi jalan dapat dilihat pada gambar dibawah
    Keseragaman kondisi medan yang diproyeksikan harus mempertimbangkan keseragaman kondisi medan menurut rencana trase jalan dengan mengabaikan perubahan-perubahan pada bagian kecil dari segmen rencana jalan tersebut.

    3. Medan Jalan
    Medan jalan diklasifikasikan berdasarkan kondisi sebagian besar kemiringan medan yang diukur tegak lurus garis kontur.
    Klasifikasi menurut medan jalan untuk perencanaan geometrik dapat dilihat dalam gambar dibawah
    4. Wewenang Pembinaan Jalan
    Klasifikasi jalan menurut wewenang pembinaanya sesuai PP. No.26/1985 adalah jalan Nasional, Jalan Propinsi, Jalan Kabupaten/Kotamadya, Jaln Desa, dan Jalan Khusus.

    0 Comments:

    Post a Comment

    Your comments are very helpful this blog in the future. but do not spread the SPAM on this blog!

    Followers

     

    Mata Kuliah Teknik. Copyright 2010 All Rights Reserved.Template by Bloganol.com Detiablog