Apr 12, 2010

Air Conditioner (AC)


Air Conditioner adalah sebuah yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban di suatu daerah (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu), biasanya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendinginan pada bangunan dan kendaraan bermotor.

Konsep AC diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno, di mana air adalah saluran air yang disirkulasikan melalui dinding rumah-rumah tertentu untuk mendinginkan mereka. Teknik yang sama di abad pertengahan Persia melibatkan penggunaan menara tangki air penyiram dan angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas. AC modern muncul dari kemajuan dalam kimia selama abad ke-19, dan pengkondisian udara skala besar listrik pertama diciptakan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Berdasarkan jenisnya ada 4 jenis AC yang sering dipergunakan pada rumah tangga yatiu split, window, cassette dan Standing AC.

1) Jenis AC Split memisahkan bagian ‘ruang dalam’ (indoor) dengan ‘ruang luar’ (outdoor). Noise yang dihasilkan ketika pendingin bekerja menjadi lebih lembut karena letaknya yang terpisah. AC Split Cocok untuk ruangan yang membutuhkan ketenangan, seperti ruang tidur, ruang kerja atau perpustakaan.

2) Jenis AC Window, biasanya meletakkan posisi indoor dan outdoor bersatu dalam sisi yang berlawanan. Biasanya dipilih karena pertimbangan keterbatasan ruangan, sepreti pada rumah susun. Dan oleh karena bentuknya yang biasanya besar, jenis AC ini relatif lebih aman dari pencurian.

3) AC jenis Cassette, cenderung lebih sulit dalam pemasangannya. Dipasang oleh teknisi tempat jual AC maupun orang berpengalaman di bidangnya. Biasanya cocok untuk dipasang di sebuah gedung bertingkat (berlantai banyak).

4) Standing AC. Jenis AC ini cocok dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan situasional dan mobile karena fungsinya yang mudah dipindahkan, seperti seminar, pengajian outdoor dsb.

0 Comments:

Post a Comment

Your comments are very helpful this blog in the future. but do not spread the SPAM on this blog!

Followers

 

Mata Kuliah Teknik. Copyright 2010 All Rights Reserved.Template by Bloganol.com Detiablog